Minggu, 10 Mei 2015

Implementasi Cloud Computing di Berbagai Bidang dan pada Beberapa Perusahaan



Implementasi pada Bidang Pendidikan
Contoh Penerapan Cloud Computing untuk perguruan tinggi adalah Sistem informasi akademik digital merupakan salah satu contoh penerapan cloud computing. Salah satunya adalah SIAKAD ONLINE. 
Siakad Online merupakan penyedia jasa layanan cloud computing khusus di bidang pendidikan level perguruan tinggi. Pihak kampus sebagai pengguna cukup melakukan pendaftaran secara online. Setelah mendapat konfirmasi dari pihak penyedia layanan, pihak kampus dapat langsung menggunakan sistem informasi akademik dengan fitur-fitur yang telah disediakan oleh penyedia layanan. 
Sistem ini menerapkan cloud computing model SaaS. Penggunaan sistem ini tidak membutuhkan adanya pembelian server atau pembuatan aplikasi yang begitu rumit. Pengguna juga tidak perlu memikirkan atau mengeluarkan biaya yang besar untuk pemeliharaan server dan aplikasi. Semua itu sudah menjadi tanggung jawab pihak penyedia layanan.
Dengan demikian, penerapan cloud computing dapat dijadikan sebagai salah satu solusi bagi institusi pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan biaya yang murah. Namun, tentu saja penerapan cloud computing di setiap perguruan tinggi harus ditunjang juga oleh fasilitas internet karena prinsip dasar dari cloud computing adalah adanya akses internet. Selain itu, mengenai keamanan data pun menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Oleh kerena itu telah menjadi kewajiban pemerintah sebagai pelayan rakyat untuk membantu dunia pendidikan memenuhi berbagai kebutuhannya termasuk penerapan atau implementasi sistem cloud computing. Adanya dukungan dari pemerintah untuk mengembangkan TI di Indonesia akan semakin memudahkan dunia pendidikan untuk fokus pada tugas intinya yang telah dicanangkan dalam konsep Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Implementasi pada Bidang Pemerintahan
Cloud Computing dalam pemerintahan (E-Goverment) dapat mendongkrak kinerja khususnya dalam bidang pemerintahan. E-Goverment dapat membantu para staff di bidang pemerintahan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik ke masyarakat. Pemerintah dalam negara Indonesia telah menggunakan cloud computing. Contoh pertama yaitu sebagai penyediaan sumber informasi. Badan Pengkajian Dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah menyediakan layanan Cloud Computing sebagai layanan jasa alih daya pengelolaan TIK untuk instansi pemerintah.  Layanan ini bertujuan untuk dapat mewujudkan percepatan e-government, karena memungkinkan pengguna pemerintah berkonsentrasi dalam memberikan layanan dan tidak dipusingkan dengan konfigurasi maupun pemeliharan perangkat teknologi informasi.

Implementasi pada Bidang Kesehatan
Secara sederhana, cloud computing adalah internet, atau jaringan server-server tertutup yang memungkinkan informasi untuk diunggah, disimpan, dan diakses kapanpun dan dimanapun. Di Asia Pasifik, banyak organisasi layanan kesehatan yang semakin terpacu dalam mencari solusi yang dapat mendukung layanan yang terpusat pada pasien melalui pengambilan dan distribusi informasi kesehatan dan medis yang efisien. Solusi cloud computing dapat memenuhi kebutuhan industri layanan kesehatan dengan efektif dan efisien. Layanan cloud computing  terutama di Indonesia terbagi dalam tiga jenis, yaitu private cloud, public cloud, dan hybrid cloud yang merupakan gabungan dari private cloud dan hybrid cloud.
Dengan layanan private cloud, pelaku industri layanan kesehatan dapat menyimpan informasi sensitif dengan aman. Catatan kesehatan para pasien dapat dikonsolidasi, dibagikan, dan diakses oleh para dokter dari manapun.
Dengan layanan public cloud, pelaku industri layanan kesehatan dapat memberikan akses terbuka untuk community sharing. Para pasien dapat mengakses catatan kesehatan mereka melalui cloud dan berinteraksi dengan para dokter melalui aplikasi layanan kesehatan untuk mengelola perawatan kesehatan mereka dengan lebih baik dan menjaga kondisi kesehatan.
Rata-rata tiap rumah sakit akan menghasilkan data sebanyak 665 terrabyte pada tahun 2015. Jumlah tersebut setara dengan 806.061 kopi dari film Hong Kong yang terkenal, Shaolin Soccer, atau setara dengan video klip ‘Gangnam Style’ oleh Psy yang diputar sebanyak 200 juta kali. Terlebih lagi, jumlah data seperti arsip imej medis (seperti Xray scan dan lainnya) meningkat 20 sampai 40 persen per tahun. Alhasil, pada tahun 2015, rumah – rumah sakit di Asia Pasifik akan menghasilkan emisi karbon dua kali lebih besar dibandingkan keseluruhan emisi karbon di India pada tahun 2010. Para dokter di Cina rata-rata harus merawat pasien sebanyak 960 pasien setiap bulannya (dibandingkan dengan rata-rata jumlah 400 pasien di Amerika Serikat) di lebih dari 20.000 rumah sakit yang masih mempertahankan informasi pasien dan admisitrasi fisik yang berbasis kertas.
Implementasi Cloud Computing pada Perusahaaan
Lintas Media Danawa (LMD)
Anak perusahaan Lintasarta, perusahaan ICT terkemuka di Indonesia saat ini, membawa teknologi cloud computing ke Indonesia.jadi perusahaan ini melayani on demand cloud computing dan privatecloud computing Di Indonesia.untuk biayanya juga tidak terlalu mahal yaitu untuk layanan on demand cloud computing. Langkah yang diambil oleh perusahaan ini menurut saya sangat benar karena daripada membeli server baru, lebih baik perusahaan-perusahaan menyewa server secara virtual. Tak perlu keluar banyak biaya, menghemat biaya sampai 80 persen dan bebas biaya perawatan.Penghematan yang diperoleh jika menggunakan cloud computing adalah rak yang dipakai untuk server cukup 2 rak, sedangkan jika tidak menggunakan teknologi cloud computing, perusahaan butuh lebih 10 rak.
Selain itu, dari sisi biaya, jauh lebih murah. Perusahaan yang belum menggunakan teknologi ini harus membayar 2.000 dollar AS per bulan untuk sewa server, sedangkan yang memanfaatkan teknologi ini cukup membayar 40 dollar AS tergantung skalanya
NEC
Perusahaan teknologi asal Jepang, menghadirkan layanan komputasi awan untuk sektor pertanian. Menurut Presiden Direktur NEC Indonesia, Tsukamoto Takeshi, kegiatan di bidang agrikultur sangat potensial untuk memanfaatkan cloud computing. Teknologi komputasi awan untuk sektor pertanian dapat digunakan misalnya untuk memantau pasokan bahan pangan, seperti sayur-mayur dan buah-buahan, ke pasar di sekitarnya. Dengan sistem pemasaran seperti ini, kendala dalam alur distribusi bisa teratasi.
Penggunaan teknologi cloud computing juga bisa diterapkan pemerintah daerah untuk mengetahui total kebutuhan pangan wilayahnya dibandingkan dengan sebaran penduduk dan mengatur distribusinya. Salah satu sektor agrikultur yang diharapkan mengadopsi layanan komputasi awan adalah perusahaan perkebunan. Ambil contoh perusahaan perkebunan sawit atau karet. Perusahaan itu bisa menggunakan teknologi ini untuk memantau perkembangan tanaman dan mengetahui ketersediaan bahan baku. 
Selain menawarkan solusi teknologi informasi untuk bidang pertanian, NEC juga memberikan layanan cloud computing untuk ritel, manufaktur, dan keamanan publik. Di Indonesia, teknologi NEC sudah digunakan oleh 3 perusahaan operator selular, seperti Telkomsel, Indosat, dan XL. Salah satu layanan yang digunakan adalah menara trasmisi atau BTS. Adapun untuk keamanan publik, NEC memperkenalkan berbagai perangkat pemindai wajah dan sidik jari. 
Oleh:
Nama  : ALIF HAIDAR ALAWI
NPM   : 58411637
Kelas   : 4IA09
Sumber:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar