Kamis, 10 Oktober 2013

Pengalaman Pertama Mengembangkan Sebuah Sistem Informasi

       Dalam postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman pertama kali mengembangkan Sistem Informasi, yaitu saat saya menjual rumah seorang teman dengan mempublish-nya di media online.
       Awal cerita dimulai saat teman saya tersebut tidak berhasil menjual rumahnya di kampung yang berlokasi di kota Brebes. Saya tidak habis pikir. Padahal rumahnya tersebut berada dekat dengan jalur pantura. Dia sudah menawarkan ke rekan-rekan kerja dan orang-orang terdekat orang tuanya, entah itu ditawarkan langsung atau untuk ditawarkan lagi ke orang lain, akan tetapi tidak ada yang serius berminat. Kebanyakan hanya suka melihat-lihat dan hanya membuang waktu saja untuk mengharapkannya membeli.
       Nah, suatu ketika dia minta tolong memjualkan kepada saya. Di saat itulah otak bisnis saya berjalan. Tanpa pikir panjang saya minta dia untuk memfoto semua bagian rumahnya di Brebes tersebut. Ya benar, saya akan menjualnya di suatu situs jual-beli online yang sudah terpercaya, yaitu Tokobagus.com. Kemudian saya upload foto bagian-bagian rumah, lalu mengisi kolom spesifikasi dan harganya dengan seunik mungkin di situs tersebut. Seminggu kemudian sudah banyak viewers yang menawar, tetapi tidak ada yang sesuai harga. Akhirnya pada bulan pertama saya memposting iklan tersebut, seorang pembeli ingin langsung men-DP-kan rumah teman saya tersebut. Alangkah senangnya saya saat itu. Dengan bermodal suatu sistem yang dinamakan internet dan informasi, yaitu foto-foto rumah beserta catatan spesifikasinya saya bisa dengan mudah mengembangkan sistem yang sudah ada menjadi informasi untuk kemudian berguna bagi orang lain, dalam hal ini teman saya dan para calon pembeli rumahnya, serta tentu saja saya.

Sabtu, 25 Mei 2013

Compare 2 Website Universitas


Dalam kesempatan kali ini saya akan membandingkan 2 buah website universitas terkemuka di indonesia yaitu www.ugm.ac.id dengan www.ipb.ac.id menggunakan webstatsdomain.com untuk membandingakannya.
Pertama-tama webstatsdomain mempunyai beberapa parameter, yaitu sebagai berikut:
1.    Sites Like atau website yang menyerupai.



UGM


2.    Web Reputation and Safety (Reputasi Web dan Keamanannya)

Nah terlihat reputasi kedua web lebih baik IPB.

3.    Summary Statistics

Terlihat bahwa Pagerank dan Website Worth (nilai jual) untuk website UGM lebih baik dan lebih mahal jika dijual daripada IPB.

4.    Social Activity (Aktivitas dalam Sosial Media)
       
          Social activity for ipb.ac.id:

Dapat dilihat bahwa aktivitas kedua web tersebut di Facebook, Twitter, dan Google+ lebih banyak yg membuka website IPB daripada UGM.

5.    Traffic Report (Laporan Pengunjungan Web)
Dalam Traffic Report terdapat beberapa laporan, contohnya Traffic Rank yang saya tandai dengan bulatan hitam. Terlihat disini pengunjung website UGM sedikit lebih banyak daripada IPB dalam bulan Maret-Mei 2013.

Kesimpulan
Website kedua universitas di atas sudah sangat bagus dalam sisi tampilan, jumlah pengunjung, ataupun harga jual. Tetapi memang UGM sedikit lebih baik daripada IPB dalam segi average dalam segala penilaian.
Jadi, intinya dengan menggunakan webstatsdomain.com ini cukup untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dari suatu website. Dan juga kita dapat melihat dan menganalisis sebuah website dan membandingkannya dengan beberapa website lainnya, termasuk website pribadi kita agar dapat kita perbaiki menjadi lebih sempurna lagi dari sebelumnya.

Selasa, 16 April 2013

Membandingkan dan Menganalisis 2 Website Ber-Subdomain Sama

Dalam kesempatan kali ini saya akan membandingkan 2 buah website bersubdomain gunadarma.ac.id yaitu fisika.lab.gunadarma.ac.id dengan pasca.gunadarma.ac.id dengan menggunakan webstatsdomain.com untuk membandingakannya.

Pertama-tama webstatsdomain mempunyai beberapa parameter, yaitu sebagai berikut:





1.   Sites Like atau website yang menyerupai.


2.   Web Reputation and Safety (Reputasi Web dan Keamanannya)

Nah terlihat reputasi kedua web sama dan keamanannya sudah baik.

3.   Summary Statistics


Terlihat bahwa Pagerank dan SEO score untuk Pasca lebih baik dari Lab Fisika. Dan yang menarik dalam lembaga ini, Pascal memiliki nilai jual yang lebih tinggi pula, yaitu 14k berbanding  11k dalam dollar Amerika.

4.   Social Activity (Aktivitas dalam Sosial Media)


Dapat dilihat bahwa aktivitas kedua web tersebut di Facebook, Twitter, dan Google+ hampir sama.

5.   Organic Keyword



Jika kita merata-ratakan Total Result-nya , Pasca lebih baik dari Lab Fisika.

6.   Traffic Report (Laporan Pengunjungan Web)


      Dalam Traffic Report ini terdapat beberapa parameter seperti diatas. Pasca jika dilihat dari Pageviews/User atau pengunjung web entah itu user atau umum berkisar antara 2 s/d 15 orang per hari. Sedangkan Lab Fisika jika dilihat dari parameter yang lain, yaitu Time on Site atau rata-rata waktu yang dihabiskan pengunjung untuk mengunjungi website tersebut berkisar 3 s/d 7 menit per harinya.


     Kesimpulan

      Memang kedua website memiliki subdomain yang sama yaitu gunadarma.ac.id. Tetapi website pasca.gunadarma.ac.id terlihat lebbih unggul dalam beberapa segi walaupun tidak begitu jauh bedanya dari fisika.lab.gunadarma.ac.id. Header kedua web juga sama dalam segi desain walau submenu keduanya berbeda tentunya. Harga jual web Pasca sarjana pun juga lebih tinggi dan organic keyword-nya juga lebih banyak daripada Lab Fisika.
Jadi, intinya dengan menggunakan webstatsdomain.com ini cukup untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dari suatu website. Dan juga kita dapat melihat dan menganalisis sebuah website dan membandingkannya dengan beberapa website lainnya, termasuk website pribadi kita agar dapat kita perbaiki menjadi lebih sempurna lagi dari sebelumnya.

Senin, 25 Maret 2013

Perkembangan Berbagi Foto dan Video pada Web

Perkembangan Berbagi Foto dan Video pada Web
Perkembangan teknologi semakin hari semakin bertambah pesat seiring dengan kebutuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan manusia. Saat ini banyak sekali bermunculan software berbagi foto yang kita gunakan untuk membagi informasi sebanyak-banyaknya, salah satunya di Website pribadi kita.. Kita dapat bertukar informasi, ide, ilmu dengan foto atau gambar. Karena foto atau gambar memiliki seribu makna. Begitupun juga dengan software berbagi video yang akan saya jelaskan di bawah ini.
Berikut ini adalah perkembangan website berbagai foto dan gambar terpopuler.
1.            Flickr (http://www.flickr.com).

Flickr - hampir pasti adalah aplikasi manajemen dan berbagi foto online yang terbaik di dunia
Flickr adalah rumah bagi lebih dari lima miliar foto di dunia ini. Flickr merupakan situs web untuk berbagi foto dan situs komunitas daring yang merupakan contoh dari aplikasi Web 2.0. Sebagai situs web yang populer untuk berbagi foto pribadi, layanan ini dimanfaatkan oleh banyak blogger sebagai tempat penyimpanan foto.


2.            Instagram (http://instagram).

Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan Polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4: 3 yang umum digunakan oleh kamera pada peralatan bergerak.
Instagram dapat digunakan di iPhone, iPad atau iPod Touch versi apapun dengan sistem operasi iOS 3.1.2 atau yang terbaru dan telepon kamera Android apapun dengan sistem operasi 2.2 (Froyo) atau yang terbaru. Aplikasi ini tersebar melalui Apple App Store dan Google Play.


3.            Google Picasa (http://picasa.google.com).

Google Picasa adalah perangkat lunak aplikasi penyunting foto digital, pembuat sebenarnya adalah Idealab dan sekarang dimiliki oleh Google. Di bulan Juli tahun 2004, Google mengakuisisi Picasa dan menjadikan Picasa gratis untuk di download. Aplikasi ini berjalan di Windows XP, Windows Vista, Linux, dan Mac OS X yang dapat di download melalui Google Labs. Untuk Windows 98 dan Windows ME, hanya tersedia versi yang lebih tua.


4.            Pinterest (http://www.pinterest.com).

Pinterest adalah pinboard-style situs foto berbagi sosial yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola koleksi gambar tema berbasis seperti acara-acara, minat, hobi, dan banyak lagi. Pengguna dapat menelusuri pinboards lain untuk inspirasi. Misi Pinterest adalah untuk menghubungkan semua orang di dunia melalui ‘hal’ yang mereka anggap menarik melalui platform global inspirasi dan berbagi ide. Pinterest memungkinkan penggunanya untuk berbagi ‘pin’ pada kedua Twitter dan Facebook, yang memungkinkan pengguna untuk berbagi dan berinteraksi dengan masyarakat luas.


5.            Photobucket (http://www.photobucket.com).

Photobucket adalah situs web untuk Layanan hosting gambar, hosting video dan berbagi pakai foto. Situs ini diluncurkan pada tahun 2003 oleh Alex Welch dan Darren Crystal serta menerima pembiayaan dari Trinity Ventures. Situs ini kemudian diakuisisi oleh Fox Interactive Media pada tahun 2007.


6.            TwitPic (http://www.twitpic.com).

Twitpic adalah sebuah situs web yang memungkinkan pengguna dengan mudah mengirimkan gambar ke layanan mikroblog dan media sosial Twitter. Twitpic sering digunakan oleh jurnalis masyarakat untuk mengunggah dan mendistribusikan gambar pada saat itu juga ketika suatu peristiwa sedang berlangsung.


7.            SmugMug (http://www.smugmug.com).



SmugMug adalah sebuah situs yang memungkinkan fotografer untuk menjual foto mereka dengan lebih mudah.
SmugMug adalah tempat yang tepat jika Anda ingin menyempurnakan kontrol atas foto yang Anda bagi via online. Anda dapat selektif menerbitkan SmugMug foto ke Facebook atau berbagi melalui email, serta memasang mereka di situs Web dan blog. Anda dapat melindungi foto Anda dari download dan membangun portofolio untuk menjualnya secara online. SmugMug juga selalu membackup file Anda sehingga Anda selalu dapat memulihkan mereka jika terjadi musibah.


8.            Snapfish (http://www.snapfish.com).

Snapfish adalah layanan gratis dengan penyimpanan foto yang terbatas. Kegunaan situs ini adalah untuk mendukung bisnis percetakan online, sehingga Snapfish akan memberikan layanan untuk penyimpanan koleksi foto Anda hanya dengan syarat bahwa Anda kadang-kadang membeli sesuatu produk. Jika Anda tidak membuat cetakan, buku foto, atau hadiah foto setidaknya sekali setahun, dan foto Anda mungkin akan menghilang. Snapfish juga memiliki beberapa tool berbagi unik, seperti private room di mana Anda dapat chatting dan berbagi foto dengan teman dan keluarga pilih.

Situs video selain Youtube sebenarnya banyak sekali yang tersedia di Internet. Namun saat ini Youtube adalah situs penyedia sharing video yang paling sering dikunjungi. Youtube yang berdiri pada tahun 2005 tersebut menyediakan berbagai konten video mulai musik, film, tutorial, acara tv, video amatir, atau apa saja hampir bisa kita temukan di Youtube.
Namun tahukah Anda ? Ternyata banyak video sejenis dengan Youtube atau video Sharing yang telah ada di Internet. Berikut Situs video selain Youtube yang mungkin belum semuanya anda ketahui yang bias digunakan untuk berbagi di Website anda.
Berikut ini adalah perkembangan 10 website berbagi video terpopuler.



1.         Metacafe  www.metacafe.com 

Merupakan salah satu dari situs video selain Youtube. Kebanyakan video Metacafe adalah video-video lucu, musik, movie trailer, game trailer, tutorial, dll. Namun video ada dalam dalam situs ini tidak sebebas seperti Youtube, video yang di upload oleh pengguna harus memenuhi syarat yang ditentukan oleh Metacafe. Walaupun demikian situs ini tetap banyak peminatnya karena video yang disajikan juga menarik.


2.         Dailymotion www.dailymotion.com
           
Merupakan situs berbagai video yang tak kalah "ngetrend" dengan youtube. Situs ini berdiri pada tahun yang hampir sama dengan Youtube juga, bahkan nama domainnya sudah didaftarkan 1 bulan setelah nama youtube.com didaftarkan. Pengguna Dailymotion dapat sesuka hati mengupload video dengan ukuran maksimal file 2 GB. Disini pengguna juga bisa membuat channel, kelompok, atau mencari tag video. Situs yang yang bermarkas di Paris ini merupakan situs yang sering dikunjungi juga selain Youtube.


3.         Tudou www.tudou.com 
           
Situs ini merupakan situs Cina, jadi tampilannya berbahasa Mandarin. Situs ini menyediakan berbagai jenis trailer film maupun full movie. Kebanyakan film yang sediakan adalah film mandarin, bagi pecinta film Mandarin situs ini wajib di coba. Walaupun demikian, disini juga banyak film film lain ataupun bermacam -macam kategori video lainnya.


4.         KIWI www.kiwi.kz 
           
Sepertinya adalah situs nonton dan berbagi video dari Rusia. Situs ini kurang lebih hampir sama dengan Youtube. Namun tampilan situs ini secara default menggunakan bahasa lokal Negaranya. Situs ini cukup banyak penggunannya, bisa dilihat dari video-video yang di upload pada situs tersebut.


5.         VuClip www.m.vuclip.com
           
Merupakan situs video sharing untuk ponsel. Situs ini dapat diakses seperti Youtube dalam ponsel m.youtube.com. Dalam situs video ini banyak terdapat klip musik, acara tv, video lucu, dll. Video dalam situs m.vuclip ini juga bisa di download secara Free. Jika Anda kolektor videoklip musik, coba saja mampir di vuclip, siapa tahu apa yang anda cari ada disini.


Sekian penjelasan perkembangan berbagi foto dan video pada saat ini. Semoga bermanfaat.

Sumber :
http://www.kesekolah.com/tutorial/komputer/inilah-10-layanan-berbagi-foto-    terlaris.html
http://berbagiinfo4u.blogspot.com/2013/03/15-situs-video-selain-youtube.html