Selasa, 16 April 2013

Membandingkan dan Menganalisis 2 Website Ber-Subdomain Sama

Dalam kesempatan kali ini saya akan membandingkan 2 buah website bersubdomain gunadarma.ac.id yaitu fisika.lab.gunadarma.ac.id dengan pasca.gunadarma.ac.id dengan menggunakan webstatsdomain.com untuk membandingakannya.

Pertama-tama webstatsdomain mempunyai beberapa parameter, yaitu sebagai berikut:





1.   Sites Like atau website yang menyerupai.


2.   Web Reputation and Safety (Reputasi Web dan Keamanannya)

Nah terlihat reputasi kedua web sama dan keamanannya sudah baik.

3.   Summary Statistics


Terlihat bahwa Pagerank dan SEO score untuk Pasca lebih baik dari Lab Fisika. Dan yang menarik dalam lembaga ini, Pascal memiliki nilai jual yang lebih tinggi pula, yaitu 14k berbanding  11k dalam dollar Amerika.

4.   Social Activity (Aktivitas dalam Sosial Media)


Dapat dilihat bahwa aktivitas kedua web tersebut di Facebook, Twitter, dan Google+ hampir sama.

5.   Organic Keyword



Jika kita merata-ratakan Total Result-nya , Pasca lebih baik dari Lab Fisika.

6.   Traffic Report (Laporan Pengunjungan Web)


      Dalam Traffic Report ini terdapat beberapa parameter seperti diatas. Pasca jika dilihat dari Pageviews/User atau pengunjung web entah itu user atau umum berkisar antara 2 s/d 15 orang per hari. Sedangkan Lab Fisika jika dilihat dari parameter yang lain, yaitu Time on Site atau rata-rata waktu yang dihabiskan pengunjung untuk mengunjungi website tersebut berkisar 3 s/d 7 menit per harinya.


     Kesimpulan

      Memang kedua website memiliki subdomain yang sama yaitu gunadarma.ac.id. Tetapi website pasca.gunadarma.ac.id terlihat lebbih unggul dalam beberapa segi walaupun tidak begitu jauh bedanya dari fisika.lab.gunadarma.ac.id. Header kedua web juga sama dalam segi desain walau submenu keduanya berbeda tentunya. Harga jual web Pasca sarjana pun juga lebih tinggi dan organic keyword-nya juga lebih banyak daripada Lab Fisika.
Jadi, intinya dengan menggunakan webstatsdomain.com ini cukup untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dari suatu website. Dan juga kita dapat melihat dan menganalisis sebuah website dan membandingkannya dengan beberapa website lainnya, termasuk website pribadi kita agar dapat kita perbaiki menjadi lebih sempurna lagi dari sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar